Berlibur Ke Pulau Tidung 2018

Tidak jauh dari kota jakarta bagian Utara, kita bisa berlibur hanya dengan waktu perjalanan 3 jam saja. Kita bisa menikmati liburan dengan jarak dekat namun keindahan yang tidak kalah dengan Pulau Indonesia Timur yaitu Pulau Tidung. Pulau Tidung adalah gugusan dari pulau seribu, pulau yang terdiri dari 5000 penduduk yang terdiri dari Pulau besar Tidung dan Pulau Tidung kecil.

Untuk bisa datang ke pulau Tidung kita bisa menyebrang baik melalui Muara Angke ataupun Marina, banyak alternative kapal bisa kita jumpai dari kapal cepat atau kapal biasa. Beda harga, beda fasilitas yang didapatkan. Untuk Kapal biasa harganya Rp.50.000,- untuk sekali perjalanan perpenumpang sedangkan kapal cepat ada yang Rp 100.000 sampai dengan Rp 250.000 sesuai dengan kapal yang tersedia disetiap pelabuhan.

IMG_20180328_053307

Kali ini kami akan membahas perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke. Pelabuhan yang bisa dibilang sudah lumayan rapih dari pelayannya dan juga fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, ruang tunggu dan tempat makan untuk sekedar kopi atau sarapan.

Sebelum kita berangkat ke pulau Tidung ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan sebelumnya .

  1. Tentukan Tempat Tujuan .

    Karena Pulau seribu memiliki banyak pulau, kita harus menetapkan tujuan kita. Untuk beberapa pulau memiliki banyak kesamaan dengan pulau lain. Jadi kita memilih ingin ke pulau Tidung, Pari, Pramuka atau yang lainnya.

  2. Berangkat Lebih Awal Untuk Sampai Di Muara Angke.

    Baik untuk yang bagpackeran atau yang sudah mengikuti paket dari travel biasanya harus sampai Muara Angke sebelum jam 7 atau jam 8. Karena kebetulan kami mencoba berjalan saat week days ( hari kerja ) kapal berangkat jam 8 pagi. Usahakan untuk sampai lebih awal ya.

    IMG_20180328_050131
    Suasana Jam 5 Pagi
  3. Warung Jajanan

    Untuk yang tida sempat sarapan dan berbelanja bekal, tidak usah kwatir untuk warung makan yang menyediakan makanan ringan dan berat, tapi diusahakan untuk membawa makanan perbekalan.

    IMG_20180328_050010 (1)
    Suasana Warung 

     

  4. Siapkan Uang Yang Lebih.

    Karena di Pualu sangat susah untuk mencari mesin ATM lebih baik persiapkan uang cash ya.

  5. Tentukan Home Stay sesuai Budget.

    Setelah kita turun dari kapal maka akan banyak yang menawarkan home stay jadi kita harus pintar-pintar nawar, untuk Badget Home Stay kita bisa memilih dari range harga week days Rp.150.000 permalam sampai dengan Rp 250.000  tergantung kita negotiation dengan pemilik. Kebetulan kami mendapatkan harga Rp 200.000 permalam di penginapan Samudra.

    IMG_6523
    Penginapan Samudra
  6. Siapkan Perbekalan Pakaian dan Mandi.

    Seperti Biasanya persiapakan perbekalan perlengkapan baju ganti dan perlengkapan alat mandi y. Jika memang lupa di Pulu Tidung juga ada yang jualan baju dan perlengkapan mandi.

 

Jika Sudah kita bisa mengunjungi dan melihat kerangka Ikan Paus yang sangat besar, kerangka tersebut diawet kan dan dirawat oleh pengelola pulau tersebut, ada juga hutan mangrove untuk pencegahan abrasi di Pantai. Yang lebih Iconicnya di Pulau Tidung ada Jembatan Cinta, dinamai jembatan Cinta karena jembatannya berwanna pink.

Yang terpenting kita harus jaga kebersihan Pualau tersebut ya, apalagi sampai buang sampah sembarangan dan juga etika kita sebagai tamu meskipun penduduknya sangatlah ramah-ramah sekali.

Berikut  gambar yang bisa kami kumpulkan meskipun tidak semua kami posting didalam tulisan ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s